Pengertian Generator Listrik, Pengertian Generator, Jenis Jenis Generator Listrik, Fungsi Generator Listrik, Komponen Generator Listrik, Konsep Kerja Generator Listrik, Tips Sebelum Memilih Generator Listrik, Cara Membuat Generator Listrik, Prinsip Generator Listrik, Gaya Gerak Listrik, Struktur Medan Magnet, Prinsip Kerja Generator Sinkron, Generator Tanpa Beban, Generator Berbeban, Jenis - Jenis Generator DC, Pengertian Generator Kompon

 

Pengertian Generator

Pengertian Generator

Salah satu bagian besar dari sistem tenaga listrik adalah stasiun pembangkit tenaga listrik. Stasiun pembangkit tenaga listrik tersebut dapat berupa generator yang digerakkan dengan tenaga gas, tenaga air, tenaga diesel dan lain sebagainya. 

Pokok utama dalam pengadaan sistem tenaga listrik adalah bagian dari pembangkitnya atau dalam hal ini generatornya. Apabila suatu sistem pembangkit terganggu, maka seluruh sistem tenaga listrik akan terhenti pengoperasiannya.

Penyebab gangguan pada sistem pembangkit terdiri atas dua bagian yaitu:
1. Gangguan dari luar generator, yaitu gangguan dalam sistem yang dihubungkan generator.
2. Gangguan di dalam generator.
3. Gangguan pada mesin penggerak generator.

Dari ketiga jenis gangguan di atas, bila salah satu generator yang bekerja secara paralel mengalami gangguan, kemungkinan besar generator yang sedang beroperasi tidak sanggup lagi untuk memikul beban keseluruhannya. Oleh sebab itu diperlukan perhitungan besarnya beban yang harus diputuskan secara tiba-tiba agar dapat diperoleh kestabilan sistem. Dalam hal ini, pemutusan beban diusahakan berlangsung secara otomatis dan dengan waktu yang relatif singkat.

Sumber:

Comments :

0 comments to “ Pengertian Generator ”

Post a Comment

----------------------------


Generator Listrik. Powered by Blogger.