Arti Penting Keberadaan Genset : Menghidupkan dan Mematikan GenSet

Menghidupkan dan Mematikan GenSet

Arti Penting Keberadaan Genset

Sentral tenaga listrik merupakan pusat disediakannya tenaga listrik untuk kebutuhan di Industri, Instansi, Rumah Sakit, perhatian dan sebagainya, Tenaga Listrik yang dibutuhkan tersedia secara terus menerus yang umunya berasal dari PLN atau generator set C ) Gen Set )

Pada umumnya karen beberapa pertimbangan akhirnya tenaga listrik pertimbangan itu diantaranya :
a) Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkantenaga per KWh dari unit generator lebih tinggi dibanding dengan pembiayaan untuk memperoleh per KWh dari PLN
b) Suku cadang dari diesel maupun generator semakin sulit didapatkan, sedang suku cadang unit PLN diperolehnya lebih mudah
c) Diesel memerlukan perawatan yang terus menerus misalnya diadakan revisi kecil setiap 600 jam, revisi medium setiap 1700 jam, serta revisi besar setiap 5300 jam, yang berarti kurang efisien bila dibandingkan dengan unit PLN.
d) Adanya bahan bakar minyak yang semakin mahal.

Untuk selanjutnya generator set disiapkan sebagai cadangan bila unit PLN mengalami kerusakan. Penyambungan unit generator set maupun unit PLN dengan jaringan distribusi dilayani oleh Omsakelar ( saklar pemilih). 

Dengan demikian tenaga listrik yang dibutuhkannya hanya akan disuplay oleh satu unit saja, unit PLN atau unit generator set dengan pelayanan Omsakelar.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts