5 Tips Simpel Pilih Generator Listrik Bagus Untuk Industri

5 Tips Simpel Pilih Generator Listrik Bagus Untuk Industri

Memiliki sebuah perangkat generator listrik atau yang kerap disebut genset oleh pelaku industri adalah hal penting. Kenapa begitu? Karena saat ini aliran listrik adalah kebutuhan utama, lebih-lebih dalam skala industri. Listrik digunakan untuk menyalakan berbagai alat-alat seperti mesin produksi sampai penerangan.

Sehingga bisa dibayangkan kalau aliran listrik mendadak padam, tentu kegiatan industri terganggu. Agar proses produksi tetap berjalan lancar, keberadaan perangkat generator listrik penghasil aliran listrik swadaya menjadi hal wajib. Nah supaya bisa memiliki genset terbaik untuk kebutuhan industri, lima tips berikut ini layak dicoba.

Pahami Kapasitas Industri
Pertimbangan utama untuk membeli genset bagi pelaku industri adalah pasokan listrik yang dibutuhkan dalam industri itu sendiri. 

Bidang usaha seperti periklanan, kuliner, garmen hingga kantoran tentu memiliki alat-alat listrik jauh lebih banyak sehingga membuat mereka membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Dengan begitu, Anda sebagai pelaku bisnis tak mungkin membeli genset dengan watt kecil seperti kebutuhan rumah tangga. 

Jika ingin menekan anggaran, Anda bisa mendata alat-alat apa saja yang tidak boleh mati ketika aliran listrik dari PLN padam sehingga bisa memperhitungkan besaran watt dan membeli genset sesuai kebutuhan daya listrik.

Pertimbangkan Ukuran Genset
Perangkat generator listrik jenis punya ukuran yang berbeda-beda tergantung kapasitas aliran listrik yang dihasilkan. Makin besar watt, ukurannya makin besar. Hanya saja kalau beli genset dengan ukuran besar, pertimbangkan pula lokasi pemasangan apakah rumah atau gedung industri Anda memiliki lahan khusus untuk menempatkannya supaya tak mengganggu proses produksi.

Perihal Perawatan
Bagi industri yang benar-benar membutuhkan perangkat generator listrik, tentu mereka wajib merawatnya. Untuk genset-genset berukuran besar, tentu harus memiliki divisi tersendiri yang bertanggung jawab. Sehingga Anda bisa memperhitungkan dengan anggaran industri karena kalau genset lebih mudah dirawat siapapun, tentu tak akan menjadi beban.

Mudah Pengoperasian
Jika industri yang Anda kelola mengharuskan aliran listrik terus tersedia, maka pilihan perangkat generator listrik yang silent/standby jauh lebih efektif. Kenapa begitu? Karena genset jenis ini, bisa langsung otomatis bekerja ketika aliran listrik dari PLN padam. Dan saat aliran listrik PLN kembali menyala, gensetnya pun langsung mati.

Dengan pengoperasian yang mudah karena menggunakan starter, tentu tak akan membebani karyawan Anda. Selain itu, genset silent/standby ini biasanya punya suara yang tidak terlalu besar karena teredam dan diletakkan secara permanen di tempat khusus. Hal inilah yang akhirnya membuat genset jenis silent ini tidak mengganggu kegiatan industri.

Perhitungan Bahan Bakar
Dan inilah tips terakhir dalam membeli perangkat generator listrik untuk para pelaku industri. Setidaknya ada tiga jenis bahan bakar yang bisa digunakan untuk genset yakni solar, bensin serta gas. Bahan bakar bensin biasanya punya kekurangan daya listrik yang dihasilkan tak terlalu besar sehingga kurang cocok untuk industri.

Sementara bahan bakar solar, memang relatif lebih murah dan harga beli gensetnya pun terjangkau. Namun meskipun kapasitas yang dihasilkan genset diesel ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan watt, biasanya punya suara yang berisik. Sementara genset berbahan gas LPG, CNG atau biogas jauh lebih hemat bahan bakar dan daya listriknya sangat besar, tapi harganya mahal.

Dengan berbagai pertimbangan tips di atas, tentu Anda akhirnya bisa membeli genset sesuai dengan kebutuhan industri. Jangan sembarangan memilih, pertimbangkan juga masalah merk karena berkaitan dengan layanan purna jual. Jika perangkat generator listrik tak bermasalah, tentu kegiatan industri tetap berjalan dan penghasilan lancar jaya.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts