Tips Pilih Mesin Generator Listrik Terbaik Untuk Rumah Anda

Tips Pilih Mesin Generator Listrik Terbaik Untuk Rumah Anda

Listrik mati adalah sebuah hal yang sangat menyebalkan sehingga Anda akhirnya membutuhkan sebuah mesin generator listrik alternatif seperti genset. Merupakan kependekan dari generator set, genset adalah sebuah perangkat penghasil listrik karena di dalamnya ada generator dan penggeraknya. Dengan adanya genset, solusi pemadaman listrik bergilir tak akan menyusahkan Anda.

Ketika listrik berhenti mengalir, semua orang bisa bingung. Untuk mengatasinya, dibutuhkanlah sebuah mesin generator listrik swadaya. Nah, bagi Anda yang hendak membeli genset untuk kebutuhan rumah tangga, tentu wajib mempelajari tips berikut ini.

Pilih Jenis Yang Tepat
Pertimbangan pertama dalam membeli perangkat generator listrik adalah dari jenisnya. Anda tak bisa sembarangan, karena jenis genset yang kerap dipakai untuk kebutuhan rumahan ada dua tipenya yakni standby/silent generator dan genset portabel yang lebih mudah dipindahkan. 

Seperti apa bedanya, berikut ini penjelasannya:
1. Silent Generator
Silent/standby generator adalah genset yang dipasang permanen di rumah Anda. Genset jenis ini bisa langsung berfungsi saat aliran listrik dari PLN padam. Ketika listrik kembali mengalir, genset ini akan langsung mati.

Biasanya standby generator ada yang berbahan bakar solar tapi juga ada yang gas. Hanya saja karena kemudahannya, harga genset ini relatif lebih mahal meskipun suaranya tidak berisik dan lebih aman.

2. Portable Genset
Dengan harga lebih murah dan mudah dipindahkan, genset ini akhirnya jadi pilihan. Terutama jika Anda ingin melakukan aktivitas di luar seperti pesta pernikahan, biasanya menggunakan perangkat generator listrik ini. Menggunakan bahan bakar solar, genset jenis ini punya kekurangan suara yang dihasilkan cukup berisik dan pengoperasiannya sulit karena harus di-engkol.

Tentukan Kebutuhan Listrik
Setelah menentukan jenis genset, hal berikutnya yang menjadi tips saat memilih genset adalah Anda wajib tahu kebutuhan listrik di rumah. Tentukan peralatan apa saja yang tetap harus menyala saat listrik padam, sehingga Anda bisa memperhitungkan besar watt yang dibutuhkan.

Misalkan saja Anda hanya ingin perabotan penting seperti lampu, TV, kulkas dan pompa air, tentu akhirnya kapasitas listriknya tak terlalu besar. Namun jika Anda ingin semua peralatan listrik tetap menyala, tentu belilah genset dengan watt lebih tinggi. Jika KVA PLN di rumah adalah 1300 watt, maka Anda butuh genset minimal berkapasitas 2500 watt.

Pahami Cara Penggunaan
Berdasarkan kapasitas listrik yang dihasilkan, ada dua cara pengoperasian perangkat generator listrik di Indonesia. Yang pertama adalah menggunakan recoil sehingga harus ditarik untuk genset berkapasitas 750-2000 watt. Sementara untuk kapasitas di atas 2500 watt, sudah pakai starter.

Perhatikan Bahan Bakar Genset
Untuk penggunaan lingkup rumah, ada dua bahan bakar utama yang kerap dipakai dalam genset. Pertama adalah bahan bakar solar dan bensin. Anda bisa mempertimbangkan bahan bakar mana yang lebih mudah ditemukan dengan harga lebih murah sehingga bisa menentukan pakai genset yang mana.

Ketahui Layanan Purna Jual
Dan tips terakhir yang sangat penting waktu hendak beli perangkat generator listrik adalah mengenai layanan purna jual. Anda harus tahu bahwa vendor genset punya layanan konsumen yang berkualitas termasuk urusan servis. Jangan sampai kebingungan mencari sparepart jika genset mendadak bermasalah. Dengan begitu, kebutuhan akan listrik tetap lancar.

Jika Anda sudah memahami tips di atas, maka tentunya bisa membeli genset yang berkualitas sesuai kebutuhan. Jangan malu untuk bertanya kepada orang lain mengenai merk genset terbaik. Ketahuilah bahwa harga tentunya sebanding dengan kualitas mesin generator listrik yang digunakan.


AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts