Awas! Inilah Bahaya Pemakaian Generator Listrik Asal-Asalan

Awas! Inilah Bahaya Pemakaian Generator Listrik Asal-Asalan

Genset alias generator listrik set memang jadi perangkat yang begitu dibutuhkan saat aliran listrik dari PLN padam. Apalagi bagi Anda pemilik usaha industri atau tengah melakukan kegiatan di luar ruangan yang tak ada listrik, mau tak mau jelas membutuhkan genset. Tersedia dalam beberapa pilihan bahan bakar, genset pun bisa digunakan secara mudah.

Memakai prinsip kerja mengubah energi mekanik menjadi energi listrik,  perangkat generator listrik, harus digunakan secara waspada. Karena dalam prosesnya, perangkat genset menghasilkan gas emisi yang mampu memberikan dampak buruk. Untuk itulah penggunaan genset juga harus benar-benar diperhatikan karena penggunaan asal-asalan sangat bahaya ke tubuh.

Keracunan Gas Monoksida
Seperti yang disebutkan sebelumnya, perangkat generator listrik yang sering digunakan masyarakat umum seperti genset, memiliki gas emisi. Gas buangan alias emisi dalam bentuk monoksida (CO) ini tak bisa diremehkan karena bisa memberikan dampak buruk ke tubuh saat dihirup terlalu banyak. 

Terutama genset diesel dengan bahan bakar solar, CO yang keluar cukup tinggi.

Pada tahun 2017 silam, Detik melaporkan bahwa ada satu keluarga di Lubuklinggau, Sumatera Selatan diduga tewas karena keracunan asap monoksida genset. Dari informasi yang dihimpun, perangkat generator listrik berbahan bakar solar di rumah itu menyala terus sepanjang malam setelah PLN memadamkan listrik.

Kasus keracunan monoksida berikutnya pada November 2018 dialami seorang dokter muda bernama Archi (25) di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, Lebak - Banten. Terakhir pada Desember 2018, tiga orang warga Handil, Kutai Kartanegara - Kalimantan Timur, meninggal karena menghirup asap CO dari genset. Ketiga kasus ini sama-sama karena genset diletakkan di dalam ruangan.

Tersengat Listrik dari Genset
Sebagai sebuah alat yang bisa mengubah listrik, tentu saja generator listrik tidak bisa dipegang begitu saja. Sekalipun genset yang kadang dianggap sebagai alat generator penghasil listrik dengan daya kecil, tetap saja punya bahaya sengatan. Sama halnya seperti gardu-gardu listrik milik PLN, Anda pun harus menggunakannya secara waspada.

Meskipun diklaim sebagai sumber listrik swadaya yang relatif aman, konsleting hingga kebocoran arus listrik dalam genset sering dilaporkan. Biasanya kasus seperti ini terjadi karena adanya kerusakan dalam bahan isolator pelindung kabel. 

Kalaupun Anda menemukan kasus di mana seseorang tersengat listrik dari genset, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:
- Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melepaskan korban dari benda yang mengalirkan listrik. Hanya saja jangan asal melepasnya, pastikan dulu kondisi aman. Karena banyak cerita orang ingin menyelamatkan korban kesetrum, malah tersengar listrik juga. Gunakan alas kaki kering dan jauhi percikan air. Ada baiknya berdiri di atas karpet atau tumpukan kertas.

- Hal berikutnya adalah Anda wajib menghubungi tenaga medis. Sembari dokter/perawat tiba, periksa denyut jantung dan nafas korban. Lakukan pertolongan pertama sesuai kemampuan dan jangan pindahkan tubuh korban kecuali berisiko kebakaran. Karena arus listrik yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan kerusakan syaraf sampai patah tulang.

Menyebabkan Kebakaran
Meletakkan perangkat generator listrik di luar ruangan haruslah benar-benar waspada. Kalau bisa jangan di dekat benda yang mudah terbakar. Untuk itulah dianjurkan genset ada di kebun supaya jauh dari jangkauan anak kecil atau orang.

Dengan memahami ketiga hal di atas, Anda tentu bisa menggunakan genset dengan lebih tanggung jawab. Waspada atas segala kemungkinan bahaya dan memakai perangkat generator listrik secara baik tentu bisa bikin diri jauh lebih aman dan tenang.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts