5 Trik Mudah Merawat Perangkat Generator Listrik Agar Awet

5 Trik Mudah Merawat Perangkat Generator Listrik Agar Awet

Setiap mesin jelas butuh perawatan yang maksimal agar senantiasa awet dan tahan lama. Hal demikian juga berlaku pada perangkat generator listrik yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya mesin generator, jelas Anda tak akan bisa meningkati energi listrik untuk menyalakan TV, kulkas, lampu hingga charging gawai.

Generator listrik adalah sebuah alat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi listrik. Jika PLN memanfaatkan aliran air lalu dibendung untuk menghasilkan listrik melalui turbin alias generator, Anda pun bisa menghasilkan energi listrik swadaya lewat perangkat genset. Genset alias generator set pun banyak digunakan masyarakat dan wajib dirawat agar senantiasa berfungsi lancar.

Wajib Ganti Oli Generator

Dalam sebuah perangkat generator listrik alias genset, tentu terdapat rotor dan stator. Mesin-mesin penggerak ini jelas selalu bergesekan ketika bertugas mengubah energi mekanik jadi listrik serta sebaliknya. 

Supaya pergesekan peralatan itu lancar dan tidak bermasalah, tentu wajib dibelikan pelumas seperti oli. Dan agar genset Anda awet, pemeriksaan oli mesin jadi hal wajib.

Seperti sepeda motor baru yang harus rutin ke bengkel, begitu pula dengan genset baru yang wajib memiliki perhatian khusus. Agar bisa bekerja maksimal, mesin genset baru haruslah diganti olinya setiap 20 jam sekali. Kenapa begitu? Supaya perakitan pabrik bisa terhapus dan partikel logam yang masih menempel dapat hilang. Setelah cukup, Anda bisa rutin mengganti oli tiap 100 jam sekali.

Bahan Bakar Jangan Kotor
Pada dasarnya mesin genset yang kerap digunakan masyarakat Indonesia ialah yang berbahan bakar solar serta bensin. Hanya saja kedua bahan bakar yang tak terbarukan ini jelas mudah kotor yang berdampak pada kualitas genset, termasuk suara bising dan gas pembuangan mengganggu. Untuk itulah supaya genset Anda tidak bikin repot, pahamilah untuk selalu menjaga bahan bakar.
Bahan bakar yang kotor biasanya disebabkan karena Anda tidak waspada dalam menyimpannya atau saat isi ulang. Supaya tak mendapat masalah serupa, Anda bisa menyimpan bahan bakar entah solar atau premium di wadah OSHA. Begitu pula saat mengisi bahan bakar ke genset, pastikan kondisi tak berangin supaya tak ada debu.

Periksa Filter Udara
Masih merupakan imbas dari bahan bakar, rupanya bisa mempengaruhi filter udara. Karena jika memakai solar atau premium yang terkena debu, jelas bagian filter udara dalam perangkat generator listrik akan mudah kotor. Kalau kotor, aroma gas dan suara jelas mengganggu ketenangan. Untuk itu setidaknya Anda harus membersihkan filter genset setiap 100 jam sekali.

Bersihkan Mesin
Untuk benar-benar membuat mesin genset senantiasa awet dan tanpa masalah, trik mudah lainnya adalah rajin-rajin membersihkan mesin. Jangan langsung memakai air dingin, anjuran membersihkan perangkat generator listrik justru harusnya dengan air hangat bertekanan rendah. Penggunaan tekanan rendah akan mempermudah pembilasan mesin dan segera setelah itu keringkan.

Rajin Cek Ulang
Jika trik-trik sebelumnya sudah Anda terapkan, hal terakhir untuk menjaga keawetan perangkat generator listrik adalah cek kembali. Pengecekan ulang ini wajib dilakukan sebelum genset disimpan di gudang atau dimasukkan kembali ke wadah penyimpanan. Perhatikan juga apakah ada bahan bakar yang bocor sehingga bisa langsung diservis atau tidak.

Dengan mesin genset yang senantiasa terawat, tentu bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Anda tak akan bingung saat tiba-tiba membuthkan perangkat generator listrik, karena sudah siap sedia untuk dipakai dan berfungsi maksimal.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts