Yuk Mengenal Sejarah Generator Listrik dan Perbedaannya dengan Genset

Yuk Mengenal Sejarah Generator Listrik dan Perbedaannya dengan Genset

Tingginya kebutuhan akan listrik membuat siapapun bingung saat mendadak alirannya terhenti. Berbagai hal dilakukan termasuk membeli generator listrik alias genset. Tunggu, apakah menurut Anda kedua hal ini merujuk pada satu benda yang sama? Anda harus mempelajari sejarahnya dulu.

Sejarah Generator Listrik
Sebagai salah satu benda yang begitu dibutuhkan, generator listrik rupanya sudah hampir dua abad yang lalu. Sejarah mencatat bahwa sang penemu mesin ini ialah Michael Faraday, ilmuwan kelistrikan termahsyur pada tahun 1831 silam. Saat ini Faraday membuat generator dalam bentuknya yang sangat sederhana.

Faraday membuat mesinnya dalam bentuk kawat besi berbentuk huruf U yang dililitkan pada gulungan kawat. Hingga dalam perkembangannya, mesin sederhana itu dikenal dengan nama Generator Cakram Faraday. Menggunakan induksi elektromagnetik, Generator Cakram Faraday bekerja dengan memutar kumparan dalam medan magnet sehingga muncul energi induksi.

Dalam sebuah mesin generator ada dua komponen utama yakni stator dan rotor. Stator adalah bagian yang diam sementara rotor adalah bagian yang bergerak. 

Rotor terhubung ke poros generator yang berputar pada pusat stator. Biasanya poros generator penghasil listrik akan berputar menggunakan usaha yang berasal dari luar genset seperti turbin air dan turbin uap.

Revolusi industri terus berjalan, ilmu pengetahuan terus berkembang, Generator Cakram Faraday pun berubah menjadi generator yang makin modern. Bahkan kini, generator penghasil listrik ini sudah berbentuk menjadi sebuah mesin yang Anda kenal dengan nama genset.

Perbedaan Generator Listrik dan Genset
Kembali pada pertanyaan di atas, apakah generator penghasil listrik dengan genset berbeda? Yap, berbeda tapi hanya dalam hal artiannya saja. Karena jika menilik sejarah, generator penghasil listrik rupanya merupakan bagian dari mesin genset. Hal ini tak lepas dari kepanjangan dari kata genset adalah generator set.

Genset adalah suatu mesin/perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik/generator dan mesin penggerak yang disusun jadi satu sehingga mampu menghasilkan tenaga listrik tertentu. Dari penjelasan itu bisa disimpulkan bahwa belum tentu sebuah generator listrik adalah genset, tapi sebuah genset sudah pasti memiliki generator penghasil aliran listrik.

Generator Listrik Dibedakan Dari Jenis Arusnya
Supaya Anda lebih memahami, genset rupanya memiliki dua jenis berdasarkan arus yang dihasilkan oleh generatornya. Di mana ada generator penghasil listrik AC (Alternator) dan penghasil listrik DC (dinamo). Berikut ini penjelasannya:

1. Generator AC
Generator AC adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik bolak-balik (AC). Bagian utama generator AC ialah magnet permanen (tetap), kumparan (solenoida), cincin geser dan sikat. Perubahan garis gaya magnet terjadi saat kumparan berputar di dalam medan magnet permanen.
Karena terhubung dengan cincin geser, kumparan yang berputar menghasilkan GGL induksi AC. Saat ada arus AC yang muncul, lampu pijar yang disusun seri dengan kedua sikat bakal menyala.

2. Generator DC
Generator DC adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik searah. Ada dua bagian utama dalam generator DC yakni stator yang terdiri dari rangka motor, belitan stator, sikat arang, bearing dan terminal box. Sementara bagian rotor terdiri dari komutator, belitan rotor, kipas serta poros rotor. Keberadaan komutator (cincin belah) membuat arah induksinya tidak berubah.

Bagaimana, sudah cukup paham dengan generator, bukan? Karena mampu menghasilkan arus listrik, generator kini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan genset yang memiliki bagian generator listrik saat ini jadi peralatan penting dalam lingkup rumahan.


AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts