5 Macam Generator Listrik Yang Sering Ditemukan Sehari-Hari

5 Macam Generator Listrik Yang Sering Ditemukan Sehari-Hari

Kebutuhan mengenai kelistrikan rasa-rasanya menjadi hal primer dalam masyarakat dewasa ini. Sehingga keberadaan generator listrik begitu dibutuhkan. Hanya saja dalam kehidupan sehari-hari, nama generator penghasil listrik ini lebih sering disebut sebagai mesin genset. Di manapun butuh listrik secara swadaya, di situlah genset berada.

Padahal jika melihat artinya, genset adalah kependekan dari generator set. Sehingga bisa disimpulkan bahwa genset merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari generator listrik. Semakin berkembangnya kehidupan manusia, muncullah beraneka macam genset. Seperti apa saja? Simak pembahasannya satu-persatu berikut ini berdasarkan bahan bakarnya.

Mesin Genset Gas
Seperti namanya, mesin genset gas menggunakan bahan bakar gas seperti LPG (Liquid Petroleum Gas), flare gas hingga biogas yang merupakan hasil limbah. 

Bahkan ada juga yang menggunakan bahan bakar gas CNG (Compressed Natural Gas) meskipun harganya cukup mahal karena memang kualitasnya bagus. Tak heran kalau industri skala besar, lebih memilih penggunaan genset gas.

Dibandingkan mesin genset lain, bisa dibilang kalau genset gas ini merupakan generator listrik paling hemat. Menggunakan genset gas sebagai pemasok listrik utama untuk industri, akan membutuhkan bahan bakar jauh lebih sedikit daripada genset diesel yang menggunakan solar sekalipun.

Mesin Genset Diesel
Dengan solar yang memiliki keunggulan kepadatan energi lebih tinggi, tak heran kalau akhirnya genset diesel sangat tidak awam digunakan. Belum lagi kelebihan genset diesel lainnya adalah mesinnya lebih tahan lama. Kenapa begitu? Karena genset diesel tak butuh busi untuk menghidupkan mesin sehingga tak akan muncul percikan api, sehingga pastinya lebih aman.

Generator listrik yang terdapat dalam solar konon memiliki kapasitas beragam. Beberapa contoh produknya di Tanah Air mampu menghasilkan listrik mulai dari 5KW (5000 watt) sampai 2MW (2 juta watt). Genset diesel biasanya punya dua sampai 16 silinder.

Mesin Genset Bensin
Selain mesin genset diesel, macam genset lainnya yang juga sering digunakan masyarakat Indonesia adalah genset bensin. Genset jenis ini memang menggunakan bahan bakar bensin seperti premium. Biasanya sebuah genset bensin mampu menghasilkan kapasitas maksimum 10 KW (10 ribu watt). Pengguna genset bensin mayoritas lingkup rumah tangga.

Mesin Genset Urine 
Terdengar tidak masuk akal? Anda tidak salah baca karena mesin berisi generator listrik satu ini memang menggunakan urine alias air seni sebagai bahan bakar. Pelajar asal benua Afrika yang berhasil menemukan inovasi mengejutkan ini. Hanya menggunakan satu liter urine, mereka membuktikan mampu menyalakan genset selama enam jam.

Urine sendiri memang kandungan cairan asam yang di dalamnya terdapat elektrolit cukup tinggi sehingga mampu menggerakkan generator di dalam genset. Kendati begitu saat ini genset urine belum bisa digunakan secara massal karena ketahanan jam yang dihasilkan belum lama.

Mesin Genset Portable
Berbeda dengan empat macam sebelumnya yang dibedakan berdasarkan bahan bakar, genset portable disebut demikian karena memang punya tampilan fisik portable alias mudah dipindahkan. Berbagai jenis kebutuhan mulai pesta pernikahan sampai pedesaan yang belum dialiri listrik kerap menggunakan genset portable dengan berbagai macam bahan bakar entah diesel atau premium.

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan mengenai beberapa macam genset di Indonesia? Anda yang ingin memiliki satu di antaranya, bisa mempertimbangkan kemudahan bahan bakar dan harga beli. Dengan begitu kebutuhan akan listrik akan selalu terpenuhi karena generator listrik mampu bekerja dengan maksimal.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts